Header Ads

  • Cara Membuat Title Otomatis Pada Widget Archive Blog



    Archive Blog merupakan salah satu widget standar yang ada pada blogger. Widget ini menampilkan layaknya folder file yang menampilkan archive artikel yang sudah diterbitkan. Pemasangan widget archive blog mempermudah pengunjung blog untuk melihat keseluruhan artikel dalam bentuk daftar yang ringkas.

    Jika anda telah memasang widget archive blog ada baiknya di optimalkan secara SEO (Search Engine Optimazation) caranya adalah menggunakan title untuk setiap list archive. Berikut contoh gambar penggunaan title pada widget archive blog.

    Cara Membuat Title Otomatis Pada Widget Archive Blog

    Penggunaan trik SEO untuk widget archive blog salah satunya adalah dengan cara menambahkan title tag secara otomatis, sehingga anda tidak perlu repot-repot meberikan title pada widget archive secara satu persatu. Buat yang tertarik menggunakan trik ini silakan disimak tutorialnya.

    Informasi Singkat
    Definisi dan Penggunaan Title Tag
    Tag <title> atau < ... title="judul" ... > diperlukan pada dokumen HTML dalam menentukan judul dokumen ataupun judul dari elemen HTML.

    Elemen <title>:
    • mendefinisikan judul di bilah alat browser.
    • memberikan judul untuk halaman saat ditambahkan ke favorit.
    • menampilkan judul untuk halaman dalam hasil mesin pencari.
    • menampilkan judul untuk elemen HTML apabila elemen didekatkan kursor.

    Sumber : w3schools



    Cara Menambahkan Title Otomatis pada link Archive Blog


    PERINGATAN
    Perhatian ! sebelum melakukan perubahan pada kode HTML template blog, sebaiknya Anda melakukan backup kode HTML template blog terlebih dahulu, dikarenakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila terjadi kesalahan prosedur dalam melakukan perubahan kode HTML template blog, maka Anda dapat melakukan proses perbaikan dengan cepat dan mudah.

    • Silakan login dahulu ke blog Anda.

    • Klik tombol Tema untuk masuk ke tema editor.


    • Klik tombol Edit Tema untuk menampilkan kode HTML Template Blog.


    • Geser scrollbar ke posisi paling bawah.


    • Ganti kode widget BlogArchive1 dengan kode yang sudah dimodifikasi di bawah ini.


      <b:widget id='BlogArchive1' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'> <b:includable id='main'> <b:if cond='data:title'> <h3><data:title/></h3> </b:if> <div class='widget-content'> <div id='ArchiveList'> <div expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_ArchiveList&quot;'> <b:if cond='data:style == &quot;HIERARCHY&quot;'> <b:include data='data' name='interval'/> </b:if> <b:if cond='data:style == &quot;FLAT&quot;'> <b:include data='data' name='flat'/> </b:if> <b:if cond='data:style == &quot;MENU&quot;'> <b:include data='data' name='menu'/> </b:if> </div> </div> </div> </b:includable> <b:includable id='flat' var='data'> <ul class='flat'> <b:loop values='data:data' var='i'> <li class='archivedate'> <a expr:href='data:i.url' expr:title='data:i.name'><data:i.name/></a> (<data:i.post-count/>) </li> </b:loop> </ul> </b:includable> <b:includable id='interval' var='intervalData'> <b:loop values='data:intervalData' var='i'> <ul class='hierarchy'> <li expr:class='&quot;archivedate &quot; + data:i.expclass'> <b:include data='i' name='toggle'/> <a class='post-count-link' expr:href='data:i.url' expr:title='data:i.name'><data:i.name/></a> <span class='post-count' dir='ltr'>(<data:i.post-count/>)</span> <b:if cond='data:i.data'> <b:include data='i.data' name='interval'/> </b:if> <b:if cond='data:i.posts'> <b:include data='i.posts' name='posts'/> </b:if> </li> </ul> </b:loop> </b:includable> <b:includable id='menu' var='data'> <select expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_ArchiveMenu&quot;'> <option value=''><data:title/></option> <b:loop values='data:data' var='i'> <option expr:value='data:i.url'><data:i.name/> (<data:i.post-count/>)</option> </b:loop> </select> </b:includable> <b:includable id='posts' var='posts'> <ul class='posts'> <b:loop values='data:posts' var='i'> <li><a expr:href='data:i.url' expr:title='data:i.title'><data:i.title/></a></li> </b:loop> </ul> </b:includable> <b:includable id='toggle' var='interval'> <b:if cond='data:interval.toggleId'> <b:if cond='data:interval.expclass == &quot;expanded&quot;'> <a class='toggle' href='javascript:void(0)'> <span class='zippy toggle-open'>&#9660;&#160;</span> </a> <b:else/> <a class='toggle' href='javascript:void(0)'> <span class='zippy'> <b:if cond='data:blog.languageDirection == &quot;rtl&quot;'> &#9668;&#160; <b:else/> &#9658;&#160; </b:if> </span> </a> </b:if> </b:if> </b:includable> </b:widget>

      KETERANGAN
      Ganti semua kode widget BlogArchive1 anda bisa mencarinya dengan menekan tombol CTRL+F untuk membuka konsol pencarian dan masukan kata kunci BlogArchive1. Pastikan keseluruhan kode yanga ada dalam tag <widget> yang dirubah.

    • Apabila sudah selesai mengganti kode silakan anda tekan tombol Simpan dan lihat hasilnya.


    Demikian artikel tentang Cara Membuat Title Otomatis Pada Widget Archive Blog apabila ada pertanyaan, kritik maupun saran silakan anda tuliskan pada kotak komentar di bawah. Akhir kata semoga bermanfaat.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad